Workshop Radio “How to be an announcer”
June 12, 2016
0

11 Juni 2016, bertepatan dengan bulan ramadhan ke 7, PPI Fukuoka yang terintegrasi dalam radio PPI Jepang mengadakan workshop radio dengan Tema : How to be an announcer. Berlokasi di ruang seminar perpustakaan maidashi (Hospital Kampus) Kyushu University, tim PPI Fukuoka mengundang dua narasumber yang sudah berkecimpung dalam dunia broadcasting.

IMG_3523.JPG
Narasumber dalam workshop dan siaran dalam program Tokubetsu

Bro Nacchan merupakan salah satu anggota PPI Fukuoka yang berasal dari Kampus Kyushu Institute of Technology Iizuka beserta Tyka Wardanhi, membagikan tips dan jawaban dari pertanyaan mengenai hal – hal yang diperlukan dalam dunia siaran.

Berikut ini beberapa Pertanyaan yang dilontarkan oleh Tim penyiar PPI Fukuoka untuk radio PPI Jepang beserta jawaban dari Bro Nacchan dan Tyka.

Penyiar : Bagaimana cara Mengatasi gugup ketika siaran

Tyka : Atasi dengan latihan Pernapasan (Humming), biasanya dilakukan minimal 30 menit sebelum siaran. Supaya tetap fokus dan tidak out of topic, buatlah pointer tentang tema yang akan disiarkan.

 

Penyiar : Apa yang harus dilakukan ketika melakukan siaran untuk memunculkan chemistry siaran dengan konsep tandem (berpasangan) . 

Tyka : Ngobrol saat on air dan off air. Jangan sampai terkesan salah satu penyiar menjadi interview dan yang lain interviewee. akan merusak konsep siaran. Oleh karena itu datang 30 menit (melakukan briefing) sebelum siaran sangat penting.

Nacchan : Sering-sering ngobrol dan di “isengi”. 

 

Tyka : Siaran dengan Smiling Voice akan membuat siaran menjadi powerfull tanpa harus berteriak-teriak. Terkecuali untuk menyiarkan berita duka .

Tyka : teknik miking siaran, adalah sejengkal dari mikrophone untuk menghindari Popping.  Hindari makan-makanan yang manis, berminyak dan pedas. Biasakan untuk minum air putih.

Penyiar : Durasinya untuk menghindari makanan tersebut?

Tyka : 10 Menit sebelum siaran.

Sahabat Bangsa : Seberapa pentingkah menyediakan script untuk siaran?

Tyka dan Nacchan : Sangat Penting!

 Tyka : Ketika ngeblank gantikan dengungan “ee” menjadi “mm”.   Selain itu, agar perpindahan smooth dan tidak ada yang patah, lakukan teknik “bridging”.  Merekam siaran sangat penting, untuk jadi bahan evaluasi. 

 

Penyiar : Bagaimana memulai siaran dengan penuh semangat?

Tyka : lakukan gimmic, grap attention pendengar

Nacchan : iringi dengan backsound yang upbeat

 

Tips untuk membuat siaran lebih teratur :

Membuat clock program

 

 

Salah satu contoh Clock Siaran
Salah satu contoh Clock Siaran  (klik untuk sumber)

 

Tips kedua 

Panggil pendengar dengan kata ganti kedua. Bangun kedekaten pada pendengar agar pendengar ikut merasakan chemistry ketika siaran. Ketahuilah habit pendengar.

Misalnya : Buat sahabat bangsa yang lagi dengerin siaran radio sambil mainin hape, lepasin hapenya dong.. fokus dengerin kita.

 

Berikut ini rekaman siaran yang dapat di dengarkan : link

 

IMG_3586[1].JPG
Narasumber dan Tim PPI Fukuoka (radio PPI Jepang)
IMG_3584[1].JPG
Suasana Workshop
IMG_3582[1].JPG
Suasana Workshop siaran radio
IMG_3587[1].JPG
Tim PPI Fukuoka dalam Radio PPI Jepang bersama salah satu Narasumber
Translate »