Tips dan Trik Mencari Tempat Tinggal di Fukuoka
August 23, 2019
0

Mencari tempat tinggal/akomodasi bagi mahasiswa asing di Jepang terbilang susah susah gampang. Tidak seperti di Indonesia dimana kita langsung menghubungi bapak atau ibu kos, tanya harga sewa, deal dan langsung masuk kos. Prosedur sewa menyewa kamar kos, atau yang biasa kita sebut apato, di Jepang sangat menguras waktu dan uang. Tapi jangan khawatir, kami dari PPI Fukuoka akan memberi informasi tentang tips dan trik mencari tempat tinggal di Fukuoka melalui artikel ini.

Jenis tempat tinggal

Selain asrama dari kampus, ada beberapa jenis tempat tinggal di Jepang, antara lain:

  1. Penginapan pemerintah

Ada beberapa penginapan/asrama yang dikelola oleh pemerintah provinsi/kota dimana orang asing bisa mendaftar. Harga akomodasi jenis ini terbilang sangat terjangkau. Bagi pelajar yang tinggal sendiri, rata-rata harga sewa per bulan dari akomodasi ini adalah 10-25 ribu yen. Sedangkan bagi yang tinggal bersama keluarga, di Jepang ada istiah ‘danchi’ (rumah susun) yang khusus diperuntukkan bagi keluarga. Harga sewa rata-rata per bulannya adalah 5-15 ribu yen. Eitss, tapi tidak semua bisa tinggal di tempat ini. Biasanya pemerintah setempat menerapkan sistem undian bagi siapa saja yang mendaftar karena keterbatasan unit dan banyaknya orang yang mendaftar. Informasi lebih lengkap dapat dirujuk di tautan berikut

http://www.fcif.or.jp/en/en-information/living/living14/

2. Apato

Rumah susun yang biasanya hanya 2 tingkat dan kebanyakan masih model rumah lama jepang dengan ruang yang ber-tatami. Jenis akomodasi ini biasanya banyak yang tidak memiliki AC atau penghangat ruangan.

sumber : wikipedia
sumber : wikipedia

3.  Mansion

Rumah susun yang biasanya 2 tingkat atau lebih, bergaya lebih modern tanpa ruang tatami dan banyak yang sudah terpasang AC.

Beberapa pilihan untuk mencari tempat tinggal:

  1. Menghubungi CO-OP

Bagi yang bingung harus memulai dari mana, kalian bisa menghubungi koperasi mahasiswa atau biasa kita sebut CO-OP untuk merekomendasikan kalian ke beberapa real estate agent (fudosan) yang sering digunakan oleh mahasiswa di kampus kalian. CO-OP akan meminta beberapa informasi data diri dan kontak kalian. Setelah itu, mereka akan memberikan informasi tersebut kepada beberapa fudosan dan tunggu sampai ada fudosan yang menghubungi kaliab.

2.  Menghubungi pemilik/agen

Ada banyak juga yang langsung pergi ke fudosan terdekat di kampus masing-masing. Jika masih belum terlalu percaya diri dengan kemampuan Bahasa Jepang kalian, ada baiknya pergi bersama dengan teman yang bisa berbahasa Jepang karena hampir semua fudosan tidak memiliki staff yang berbahasa Inggris. Beberapa fudosan yang sering digunakan mahasiswa disini antara lain

Miyoshi Fudosan

http://www.miyoshi.co.jp/

Leopalace21

http://www.leopalace21.com/

Unilife

https://unilife.co.jp

Able

https://www.able.co.jp/

Prosedur ketika berada di real estate agent (fudosan)

  1. Sebaiknya menyampaikan kriteria kamar yang diinginkan di awal, seperti kisaran harga sewa per bulan. Harga sewa rata-rata untuk akomodasi 1K di Fukuoka berkisar dari 30-60 ribu.
  2. Pastikan akomodasi tersebut bisa menerima orang asing, karena tak sedikit juga yang tidak menerima orang asing
  3. Hampir semua akomodasi sudah memiliki dapur dan kamar mandi
  4. Banyak akomodasi yang tidak memiliki furniture (misal futon, kompor, kulkas, AC ataupun mesin cuci), meskipun ada beberapa juga yang sudah menyediakan barang-barang tersebut dari awal
  5. Selain itu, di Jepang ada beberapa istilah seperti 1K (1 room and 1 kitchen), 1DK (1 room, 1 dining room, and 1 kitchen), 2 LDK (2 room, 1 living room, dining room and kitchen)
  6. Fudosan akan memberikan pilihan-pilihan akomodasi sesuai kriteria tersebut dan jika memungkinkan, mereka juga akan mengajak kita melihat langsung kamar tersebut.
  7. Jika kita sudah memutuskan akomodasi yang akan kita sewa, fudosan akan menyiapkan beberapa dokumen untuk pembuatan kontrak. Biasanya mereka akan meminta kita untuk menyiapkan Residence Card dan Student Card.
  8. Sebelum masuk ke tempat tinggal yang baru, ada beberapa biaya yang harus kita bayarkan kepada fudosan dan besarnya bisa mencapai 3-4 bulan harga sewa. Maka dari itu, ada baiknya menabung dulu jauh-jauh hari. Biaya ini biasanya meliputi:
    • Yachin (biaya sewa) untuk bulan pertama
    • Shikikin (deposit/uang kebersihan) berbeda antar akomodasi satu dengan yang lain
    • Uang ganti kunci
    • Biaya administrasi
  9. Lama kontrak biasanya 2 tahun dan ada beberapa akomodasi yang memberlakukan sistem penalti jika penyewa memutus kontrak sebelum 2 tahun.
  10. Nomor darurat. Biasanya dalam pembuatan kontrak, fudosan akan meminta nomor darurat yang bisa dihubungi di Jepang, kalian bisa mencantumkan nama teman yang bisa berbahasa Jepang ataupun nama sensei.
  11. Selain itu, fudosan juga akan meminta nama penjamin. Penjamin adalah orang dewasa yang sudah mandiri dan mempunyai pendapatan cukup. Apabila penyewa tidak mampu membayar biaya sewa sesuai ketentuan, atau tidak membayar biaya perbaikan kerusakan kamar, maka pemilik apartemen berhak menagih biaya tersebut kepada penjamin. Ada sekolah/universitas yang dapat menjadi penjamin, contohnya Kyushu University.
  12. Setelah semua dokumen selesai diproses dan biaya-biaya awal dibayar, makan kalian siap untuk menempati tempat tinggal baru kalian!
Translate »