RAPAT KOORDINASI PPI FUKUOKA 2019/2020
January 9, 2020
0

Dalam rangka memulai kepengurusan baru Persatuan Pelajar Indonesia Fukuoka (kepengurusan 2019-2020, Minggu, 29 Desember 2019 lalu, diadakan rapat koordinasi penyusunan program kerja. Dengan slogan “Dari PPIF untuk Indonesia”,  menjadi penggebah semangat untuk melaksanakan tugas kami sebagai ‘duta’ Indonesia di Jepang.
Terdapat perubahan struktur organisasi pada periode ini, yang mana pada tahun-tahun seblumnya terdapat 7 divisi, pada periode pengurusan tahun 2019-2020 saat ini menjadi 6 divisi. Namun, ide-ide baru yang dituangkan setiap divisi-divisi tersebut, menunjukkan rasa cinta dan tanggung jawab yang besar kepada Indonesia.

  1. Divisi Olahraga dan Rekreasi
    Divisi pertama yang mempresentasikan program kerjanya adalah divisi yang bertugas menjaga kebugaran tubuh pelajar-pelajar Indonesia di Fukuoka atau melepas kejenuhan dan lelah dengan kegiatan perkuliahan, yaitu Divisi Olahraga. Divisi Olahraga bertekad untuk menaikkan tingkat partisipasi warga PPIF dalam kegiatan olahraga, dan dengan begitu diharapkan prestasi cemerlang yang sudah diraih oleh tim perwakilan Indonesia yang lalu di berbagai pertandingan olahraga, akan semakin gemilang. Divisi Olahraga dan rekreasi juga akan mengadakan kegiatan olahraga bareng di Tenjin, dengan tujuan agar seluruh anggota PPIF dari Ito, Chikushi, Ohasi, Hakozaki, Iizuka, Jonan dan Tenjin dapat melakukan kegiatan olahraga bersama. Selain itu, divisi ini akan melakukan hiking bareng ke beberapa gunung yang ada di Fukuoka-ken.
  2. Divisi Eksternal
    Presentasi program kerja dilanjutkan oleh Divisi Eksternal. Sebagai divisi yang paling lancar berbahasa Jepang dan juga bahasa Inggris, divisi ini siap menjadi jembatan penghubung komunikasi setiap divisi atau anggota PPIF yang membutuhkan. Dengan moto “24-7” divisi eksternal akan siap bekerja dan membantu PPIF setiap saat dibutuhkan.
  3. Divisi Kajian Strategis
    Divisi selanjutnya, Divisi Kajian, akan mengadakandiskusi ilmiah demi mencari ide-ide terbaik dalam pemecahan masalah yang dihadapi negeri kita tercinta. Adanya permasalahan sampah di Indonesia yang perlu diatasi, divisi Kajian strategis akan mengajak teman-teman anggota PPIF berkunjung ke pengolahan sampah di Jepang khususnya Fukuoka, karena pengolahan sampah di Jepang dinilai lebih baik. Sementara program kerja kedua, kajian di dunia internet, dengan kemajuan teknologi informasi dan pertimbangan jarak anggota yang cukup jauh, divisi Kastrat berencana mengadakan kajian dengan narasumber-narasumber ahli dibidangangnya dengan memanfaatkan platform meeting online seperti webminar. Dan selanjutnya divisi kajian akan mengadakan last lecture bagi wisudawan-wisudawati pada periode maret dan september.
  4. Divisi InfoKom
    Divisi yaitu Divisi Informasi, Komunikasi, dan Dokumentasi (disingkat InfoKom); juga tidak ketinggalan. Divisi InfoKom pada tahun ini akan memanfaatkan segala media sosial semaksimal mungkin, termasuk Instagram Story. Agar warga Indonesia di Fukuoka juga tidak ketinggalan acara-acara seru yang diikuti atau diadakan PPIF, Divisi InfoKom tidak akan lupa melakukan live report, sehingga di tengah berlangsungnya acara, warga Indonesia di Fukuoka yang tadinya tidak mengetahui informasi mengenai acara tersebut, menjadi tahu sebelum acara selesai dan masih memiliki kesempatan untuk datang dan ikut berpartisipasi. Proker baru divisi Infokom juga akan membuat infografis tentang kondisi Fukuoka.
  5. Divisi Seni dan Budaya
    Divisi Seni dan Budaya (SenBud) yang mengemban tugas mulia memperkenalkan budaya Indonesia di mata internasional juga mencanangkan terobosan-terobosan baru. Selain Tari Saman dan Angklung yang sudah menjadi kebanggaan PPIF. Divisi senbud akan mengorganisasi acara besar seperti tahun-tahun sebelumnya. selain itu divisi Senbud akan berkolaborasi dengan acara besar seperti Indonesia Culture Day dan Hakata Dontaku.
  6. Divisi Sosial dan Kekeluargaan
    Dan terakhir, divisi paling berjiwa besar dan dermawan, Divisi Sosial dan kekeluargaan, mencanangkan dua program baru. Pertama, yaitu program penggalangan dana rutin sebagai pundi-pundi darurat jika ada warga Indonesia di Fukuoka mengalami masalah seperti sakit dan sebagainya, atau kejadian seperti musibah di Indonesia. Program selanjutnya adalah early greeting bertujuan untuk menyambut mahasiswa Indonesia yang baru datang, serta memberikan arahan dan bantuan langsung untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan baru di Fukuoka. Sebagai pemersatu anggota-anggota PPIF, divisi Sosial Kekeluargaan juga akan mengadakan kopi darat (kopdar) beberapa kali dalam satu pengurusan, dan juga kopdar dengan masyarakat Indonesia di Fukuoka dalam acara Hanami Fukuoka.

Demikian sedikit gambaran program kerja yang akan PPIF laksanakan dalam stu periode ke depan. Semoga program-program kerja tersebut dapat berjalan dengan baik, dan tentu saja, semoga kami bisa memberikan sedikit sumbangsih ke Ibu Pertiwi sekalipun kami berada jauh darinya.

Translate »