Press Release Acara Hanami 2017
April 10, 2017
0

Pagi itu, Sabtu 1 April 2017, cuaca di sekitar Ohori Park, Fukuoka-Shi, begitu cerah dengan sinar matahari yang berangsur naik, namun suhu masih cukup dingin sekitar 150 C. Areal taman sakura ini mulai ramai oleh para pengunjung yang sengaja datang untuk menikmati sakura yang sedang mekar (Hanami). Meskipun pada hari tersebut belum masuk puncak musim sakura, ternyata semakin beranjak siang, suasana taman semakin ramai. Ohori Park sendiri memang salah satu taman sakura pavorit sebagai tempat menikmati musim sakura di kota Fukuoka.

Begitu pula di areal yang kami siapkan, mulai pukul 09.00 waktu Jepang, warga Indonesia yang berada di Fukuoka mulai berdatangan, berkumpul dan bercengkrama. Sebagian mereka nampak asyik berbincang-bincang, saling bercerita melepas kerinduan kepada keluarga dan tanah air, dan sebagian lagi nampak lebih asyik berfoto-foto berlatarkan bunga sakura.

Ya, kawan-kawan, hari ini kami sengaja berkumpul dalam kegiatan Hanami 2017. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia di Fukuoka (PPIF) bekerjasama dengan Komunitas Muslim Indonesia di Fukuoka (KMI Fukuoka). Kegiatan Hanami ini merupakan salah satu agenda kerja Divisi Wisata dan Rekreasi PPIF 2017 yang dilaksanakan bersama-sama dengan pengurus KMI Fukuoka.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan antar WNI yang tinggal di Fukuoka. Tidak hanya mahasiswa, sebagian warga Indonesia yang berada di sini adalah peneliti, keluarga dari mahasiswa, alumni yang sudah bekerja, peserta magang, dan WNI yang menikah dengan orang Jepang. Panitia dan anggaran kegiatan berasal dari kedua organisasi tersebut. Persiapan dilakukan selama dua minggu mulai dari publikasi, penyiapan perlengkapan, konsumsi, dan tempat.

Pada hari pelaksanaan, panitia melakukan catching lokasi sekitar pukul 6 pagi dengan menggelar tikar di lokasi yang dipilih. Hal ini dilakukan agar dapat memilih lokasi yang strategis, yaitu berada di areal yang bunga sakuranya lebat dan luasannya cukup untuk menampung peserta yang diperkirakan lebih dari 100 orang. Kami merasa beruntung karena menemukan lokasi yang cukup luas dan persis berada di bawah bunga sakura yang cukup lebat nan indah.

Pukul 10.00 JST nampak peserta mulai memadati lokasi, dan acara Hanami pun kami mulai pada pukul 10.30. Acara dibuka oleh MC Mohammad Fadil, dilanjutkan dengan sambutan yang masing-masing disampaikan oleh ketua PPIF 2017, Ikram Idris. Dalam sambutannya ketua PPIF menyampaikan pentingnya bagi WNI yang berada di Fukuoka untuk saling membantu demi tercapainya tujuan datang ke Jepang, baik itu dalam rangka belajar maupun bekerja, terutama kepada WNI yang baru tiba. Sambutan selanjutnya dari Ketua KMI Fukuoka, Dr. Infal Syafalani. Beliau menyampaikan pentingnya bagi WNI di Fukuoka untuk menjaga silaturahmi dan kebersamaan dalam kebaikan, saling menasihati dan meningkatkan ukhuwah. Selain itu, beliau juga meyampaikan agenda-agenda KMI Fukuoka kedepannya terutama yang berkaitan dengan pelaksanaan pengajian rutin dan Ibadah Ramadhan.

Selanjutnya adalah acara inti yaitu perkenalan warga baru. Dari sekitar 120an peserta yang hadir, ada sekitar 10 orang warga yang baru saja tiba di Fukuoka sehingga momen Hanami ini jadi ajang yang tepat untuk memperkenalkan diri dan menjadi bagian dari keluarga baru, WNI di Fukuoka. Setelah selesai sesi perkenalan, dilanjutkan dengan foto bersama.

Selanjutnya skitar pukul 11.30, acara santap BBQ bersama pun dimulai. Semenjak pembukaan acara, panitia telah menyiapkan 3 buah panggangan dan 25 Kg daging untuk sesi BBQ. Seluruh peserta pun beranjak dari tempat duduknya dan saling berbaur menikmati barbeque dan hidangan lainnya yang telah dipersiapkan. Suasana pun semakin terasa hangat dan akrab, peserta saling berbaur di bawah sinar matahari yang cerah dan udara yang sejuk. Namun ada saja peserta yang lebih asyik berfoto-foto di bawah pohon sakura. Selain berbaur dengan sesama WNI, beberapa peserta juga tampak berinteraksi dengan warga Jepang yang pada saat itu juga memang mengadakan kegiatan Hanami di tempat tersebut.

Pukul 12.30, peserta yang muslim bergegas mempersiapkan diri untuk melaksakan ibadah shalat Dzuhur. Shalat Dzuhur dilaksanakan secara berjamaah pada pukul 13.00, yang kemudian dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Idris. Beliau menyampaikan pentingnya menjaga silaturahmi dan senantia berusaha untuk menjalankan ibadah dimanapun berada. Menjadi kelompok minoritas saat berada di negeri sakura merupakan tantangan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Setelah itu, peserta kembali melanjutkan ramah-tamah, diskusi dan saling berbagi cerita. Nampaknya peserta masih menikmati indahnya kebersamaan bersama keluarga setanah air yang jarang sekali bisa ditemukan dalam rutinitas sehari-hari. Akhirnya pada pukul 14.00 JST, panitia menutup rangkaian acara Hanami 2017. Terimakasih atas kerjasama teman-teman Divisi Wisata dan Rekreasi PPIF, Pengurus PPIF dan KMI Fukuoka, dan seluruh WNI di Fukuoka yang telah hadir. Sampai bertemu di Hanami tahun depan. Otsukaresamadeshita, Sayounara.

Translate ยป