Partisipasi PPI Fukuoka bersama KBRI dalam Hakata Dontaku Festival 2019
May 13, 2019
0

Setiap awal bulan Mei di setiap tahun, diselenggarakan sebuah festival besar di Fukuoka yang dikenal dengan nama Hakata Dontaku Festival yang menjadi salah satu daya tarik pariwisata utama yang menarik sekitar 2 juta penonton setiap tahunnya  selama periode libur golden week (periode di akhir bulan April hingga minggu pertama bulan Mei di Jepang yang memiliki serangkaian hari libur nasional).

Berdasarkan catatan sejarah, Hakata Dontaku Festival yang dulunya dinamakan Matsubayashi mulai diselenggarakan pada Era Heian yang bertujuan untuk merayakan dan perayaan terima kasih untuk pemimpin lokal atas kebaikan mereka kepada masyarakat. Seiring berjalannya waktu, perayaan ini masih bertahan dan berkembang hingga saat ini namun berubah nama menjadi Hakata Dontaku Festival yang penamaannya diambil dari kata “Zondag” yang berarti hari Minggu atau hari libur dalam bahasa Belanda. 

Pada hari Jumat dan Sabtu, 4-5 Mei 2019, PPI Fukuoka bersama dengan KBRI berpartisipasi dalam beberapa rangkaian acara Hakata Dontaku Festival yaitu penampilan reog dan penampilan bela diri berupa pencak silat di panggung utama, mendirikan stand Indonesia di area panggung utama, serta berpartisipasi dalam acara parade budaya.

Penampilan Reog Ponorogo dan pencak silat dibawakan oleh tim reog dan pencak silat dari Osaka yang diundang oleh KBRI. Penampilan Reog Ponorogo dan pencak silat  dilaksanakan di dua panggung utama, yaitu di Canal City Hakata dan juga di Fukuoka City Hall. Penampilan Reog Ponorogo disambut meriah oleh para penonton dan juga menarik banyak perhatian penonton yang ditunjukkan dengan banyaknya penonton yang ingin berfoto dengan rombongan Reog Ponorogo, selain itu ada pula para penonton yang berkesempatan naik ke atas Reog.

Stand Indonesia diisi dengan pameran pernak-pernik kebudayaan dari Indonesia seperti wayang golek, angklung, kain khas daerah-daerah di Indonesia, serta photobooth dengan komodo dan menggunakan baju daerah Indonesia. Pada stand Indonesia, BSOB juga berkesempatan untuk menggalang dana dengan menjual souvenir dari Indonesia. Stand Indonesia mendapat sambutan yang sangat baik dari para pengunjung Hakata Dontaku Festival. Para pengunjung yang mampir di stand Indonesia sebagian besar merupakan warga Jepang yang sudah pernah datang ke Indonesia dan juga warga Jepang yang tertarik dan ingin mengunjungi Indonesia. Pada stand Indonesia juga dibagikan beberapa souvenir dari Indonesia secara gratis bagi para pengunjung.

Dalam parade budaya Hakata Dontaku Festival, para anggota PPI Fukuoka ikut berpartisipasi dengan memakai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia dan bergabung dengan Reog Ponorogo serta pencak silat untuk mengikuti arak-arakan dari area Nakasu hingga ke Fukuoka City Hall. Selain warga Indonesia, parade budaya dari Indonesia juga diikuti oleh warga Fukuoka yang tergabung dalam NPO Teman Hati. Penampilan parade budaya dari Indonesia semakin menarik perhatian para penonton dengan adanya mobil parade yang telah disiapkan oleh KBRI yang mengiringi parade dengan memutarkan musik tradisional dari Indonesia.

Partisipasi dari PPI Fukuoka dan KBRI dalam Hakata Dontaku Festival 2019 mendapat sambutan meriah dari para pengunjung yang datang langsung ke booth Indonesia maupun para penonton yang menyaksikan parade budaya.
Semoga melalui kesempatan ini dan kesempatan lain yang akan datang, PPI Fukuoka bisa memperkenalkan Indonesia lebih dekat kepada masyarakat Jepang, terutama di Fukuoka.

Terima kasih kepada seluruh anggota PPI Fukuoka yang telah berpartisipasi dalam persiapan dan pelaksanaan acara ini. Terima kasih juga kami haturkan kepada seluruh warga Indonesia di Fukuoka yang telah hadir dan ikut serta dalam parade budaya Hakata Dontaku Festival 2019.

Translate ยป