Meriahnya Futsal Merdeka 2017 di Fukuoka
September 6, 2017
0

Fukuoka (20/8) – Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke 72, divisi olahraga PPI Fukuoka menyelenggarakan kegiatan olahraga dengan tema Futsal Merdeka 2017. Kegiatan ini diselenggarakan di Maidashi Kampus Field Kyushu University, Fukuoka pada tanggal 20 Agustus 2017. Futsal Merdeka 2017 rutin digelar setiap tahun oleh PPIF untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia. Tahun ini futsal merdeka 2017 diikuti 10 tim yang berasal dari kota di pulau Kyushu. Acara pembukaan dibuka pada pukul 10.00 oleh ketua PPIF Ikram Idris, ketua PPIF mengharapkan dengan diadakannya kegiatan ini dapat menjalin silaurahmi antar WNI yang ada di Pulau Kyushu, dan untuk pertandingan diharapkan semua tim menjunjung tinggi sportifitas. Kemudian acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta, sporter dan panitia. Pembukaan secara simbolis yaitu dengan penendangan bola ke gawang oleh Aditya W selaku ketua divisi olahraga PPIF.

Ke 10 tim yang terdaftar dibagi menjadi 2 grup, masing-masing grup terdiri dari 5 tim. Untuk juara grup dan runner up grup akan lolos ke semifinal dan dilanjutkan final. Pada grup A mempertemukan tim Putra Nusantara (Fukuoka-ken), Baraya Kyushu (Kokura), Himawari FC (Kumamoto dan Saga), Bupati (Shingu, Fukuoka) dan Restu Ibu (Fukuoka). Sedangkan di grup B mempertemukan tim E-KTP FC (Fukuoka), N-26 (Saga), Kurume FC (Kurume), Nagasaki FC (Nagasaki-ken), dan Garuda (Kitakyushu).

Cuaca yang sangat terik dan panas di Fukuoka tidak mengendorkan semangat setiap tim untuk memperoleh poin dan gol yang maksimal. Pada babak penyisihan grup setiap tim akan bertanding 4 kali, sehingga total pertandingan untuk penyisihan grup sebanyak 20 pertandingan. Di grup A pemuncak kelasmen grup adalah Himawari FC dengan poin sempurna 12 atau 4 kali menang, disusul runner-up grup Baraya Kyushu dengan poin 9, posisi ke-3 oleh Bupati FC, posisi ke-4 restu ibu dan juru kunci Putra Nusantara FC. Sedangkan di grup B puncak kelasmen dipimpin oleh N-26 dengan poin 10 atau 3 kali menang dan 1 kali seri, runner-up grup Nagasaki FC dengan poin 9, E-KTP FC diposisi ke-3 dengan 7 poin, posisi ke-4 Garuda dan posisi ke-5 Kurume FC.

Selanjutnya di semifinal juara grup A bertemu dengan runner up grup B, dan juara grup B akan bertemu dengan runner up grup A. Pada pertandingan semifinal Himawari menang atas Nagasaki FC dengan skor tipis 1-0, sementara dipertandingan lainnya N-26 FC menang atas Baraya Kyushu dengan adu penalty. Pada perebutan tempat ke-3, tim Nagasaki FC bertemu dengan Baraya Kyushu, pertandingan ini sangat sengit dan tensi tinggi, banyak pemain yang terlihat keletihan pada kedua tim, akhirnya tim Nagasaki FC menang atas Baraya Kyushu dengan skor 3-1.

Akhirnya final mempertemukan dua tim kuat “derby of Namura” yaitu Himawari FC vs N-26, dua tim ini  pernah bertemu di final pada pertandingan lainnya di pulau Kyushu. Pertandingan seru di final berjalan sangat alot, jual beli serangan terjadi Pada paruh pertama  N-26 memimpin pertandingan dengan skor 4-3 atas Himawari FC. Masing-masing sporter tim memberikan semangat pada timnya. Dibabak kedua walaupun pemain tim dalam kondisi letih, tetapi mereka menampilkan permainan terbaik dan penuh agrasif. Hujan gol terjadi pada pertandingan final ini, tercatat  12 gol tercipta. Mentality itulah yang diteriakan oleh sporter tim, akhirnya final dimenangkan oleh tim N-26 dengan skor 7-5 atas rivalnya tim Himawari FC. Kemenangan tim N-26 disamput meriah oleh sporternya. Sebuah perjuangan yang patut di apresiasi untuk kedua tim, dimana masing-masing tim harus menjalani 6 laga pada hari itu.

Acara Futsal Merdeka 2017 ditutup dengan acara penyerahan piala dan bantuan transport untuk para pemenang, dan pengalungan mendali emas untuk tim N-26 oleh anggota PPI Fukuoka dan panitia. Selamat untuk tim yang mendapatkan juara, dan dihapapkan tahun-tahun kedepanya PPIF dan divisi olahraga dapat kembali mengadakan kegiatan serupa untuk menjalin silaturahmi antar warga negara Indonesia yang ada di Kyushu. (Divisi Olahraga)

Susunan Pemain

N-26 FC: Fathur, Noer, Irfan, Candra, Cusen Hamidi, Mursid, Rian

Himawari FC: Azis, Doni, Andri, Anwar, Didik, Fajar, Arif

Nagasaki FC: Wahid, Heri, Agil, Hariski, Umam, Trisno, Aji, Pamu

Baraya Kyushu: Dema, Agus, Rifal, Baihaki, Restu, Egi, Menak

E-KTP FC: Ikramu, Kakang, Heru, Iniskal, Harnas, Ardi, Ronaldit

Bupati FC: Romeo, Wandani, Findy, Dany, Satrio, Very, Ridho, Parulian

Garuda: Wibi, Rivan, Handoko, Aldino, Taufik, Hasan, Apri, Alex

Restu Ibu FC: Maryad, Hamdan, Ajie, Nova, Nathan, Aam, Infal, Fadhil

Putra Nusantara FC: Barkah, Deni, Iman, Adi, Daus, Yoga, Haris, Idris

Kurume FC: Ibnu, Robert, Toni, Hendra, Yon, Bambang, Wahyu, Egi

Tulisan Oleh
Aditya Wibawa
Translate »