Living Guide untuk Halal Food
September 14, 2017
0

Ketika datang ke Jepang pastinya Mahasiswa/i muslim tentunya sudah suatu keharusan untuk memperhatikan makanan, mana yang boleh di makan dan mana yang tidak boleh dimakan. Kenapa hal ini perlu di jaga karena sesuai dengan Q.S Al-Maidah :3 yang artinya  “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.”.

Sooo, jangan bingung kita dari div. Sosial PPIF mencoba untuk memberikan pencerahan makanan apa saja yang diperbolehkan, bagaimana cara mengecek kehalalannya dan dimana bias kita membelinya. Lets go!! coba kita cek dimanan saja yang biasa orang Indonesia datangi untuk beli makanan khalal. Berikut beberapa tempat yang bisa kita kunjungi dari mulai yang deket kampus ITO sampai yang deket kampus Hakozaki.

  1. Nabisan : menjual makanan khalal baik yang masih bahan baku (raw material), frozen product, atau yang sudah jadi (makanan siap saji), you can eat in or take away. Raw material yang bisa kalian beli mulai dari daging ayam, sapi, mutton/kambing, jeroan, buntut, otak ( dengan berbagai bagian dan variasi harga, untuk daging ada yang masih bertulang dan ada yang hanya daging saja). Jangan salah memilih semakan bagus potongan dan bentuk daging semkin mahal lohhh harganya. Nabisan ini dikampus ITO ada 2 tempat 1 di center zone dan 1 di dekat Fukuoka industry academi symphoni city (FIAS).
  2. UDON : untuk pecinta udon ada di dekat kampus ITO di samping Nabisan tersedia udon yang bisa di katakana halal yang penting tidak ada tambahan mirin atau toping yang berbau daging babi, ayam, sapi dll, disarankan untuk memilih yang bertoping sayuran atau Ikan.
  3. Khaldi/AEON/Cosmos/Marukyo/Rumeru/Gyomu : Nama-nama tersebut merupakan supermarket populer yang ada di sekitar Fukuoka. Ditempat ini ada beberapa jenis makanan halal yang bisa kita beli, meskipun tidak ada label yang menunjukkan itu halal namun komposisinya diperbolehkan untuk dimakan. Yang penting kita harus mengecek ingredient yang ada di kemasan (biasanya dengan google teremahan) atau bisa kontak langsung ke company. Company di jepang ini mereka bersikap terbuka, dan bisa menjelaskan dari mulai proses dan ingredientnya,, soo kita bisa mengetahui makanan ini bisa di makan aatau tidak… Saran dari penulis, ketika ragu, lebih baik jangan di beli dan di makan dan tinggalkan,, Cari makanan yang memang di jamin ke halallannya.. Ikan dengan berbagai jenis yang sudah tentunya dijamin khalal tersedia di supermarket ini dengan berbagai jenis dan ukuran, juga variasi harga. So jeli-jeli saja dalam memilih dan berbelanja.

 

Untuk Para pencinta makanan camilan dan berbagai product olahan atau beberapa restoran yang menyediakan makanan halal, bisa mengakses berbagai media yang memberikan informasi melalui website/Fanpage berikut ini :

  1. https://www.facebook.com/japanhalal/?fref=ts
  2. https://www.kobebussan.co.jp/english/item/index.php?ic_id=56
  3. Nippon Asia Halal Association – NAHA : http://web.nipponasia-halal.org/
  4. Halal Media Japan (HMJ) : http://www.halalmedia.jp/id/
  5. Malaysia Halal Corporatin : http://mhalalc.jp/wp/english/media.html
  6. https://www.jalan2kejepang.com/informasi-muslim/makanan/daftar-toko-halal/fukuoka-halal-store
  7. https://www.jalan2kejepang.com/informasi-muslim/daftar-restoran-halal
  8. https://www.jalan2kejepang.com/informasi-muslim/makanan-jepang-halal
  1. (Fukuoka) Mencoba Masakan Halal “Nasi Biryani” di MARHABA https://matcha-jp.com/id/1972

WASPADA : Di Jepang, suatu makanan dapat dikategorikan haram jika makanan tersebut mengandung daging babi, daging sapi dan daging ayam (baik itu dalam bentuk daging maupun ekstrak daging) atau mengandung alkohol. Untuk itu, dalam memilih produk makanan jadi ataupun snack, perlu diperhatikan komposisi/ingredients (原材料 / Genzairyo) dari makanan tersebut.

Sumber : http://kmi-s.ppisendai.org/halal-haram/

Translate »