Informasi
Langkah-langkah mentransfer SIM A di Jepang
September 7, 2020
0

Sebelum pindah ke Jepang saya tidak berencana memiliki mobil atau membuat SIM Jepang atau menkyosho. Tetapi karena saya terkadang hurus di kampus yang berbeda, dengan jarak yang cukup jauh (25km) dan juga pertimbangan public transport yang cukup mahal, maka saya memutuskan untuk memiliki SIM Mobil di Jepang.

Oh ya.. di Jepang sim international dari Indonesia tidak diakui dan tidak diperkenankan mengendarai mobil di jalanan Jepang, WN Indonesia diharuskan memiliki menkyosho/ sim Jepang. Untuk yang telah memiliki sim A Indonesia yang masih berlaku dapat mengikuti test di (unten menkyo shinken senta) atau pusat pengujian mengemudi di Perfecture sesuai zaydo card. Jika tidak memiliki sim A Indonesia kita diwajibkan mengikuti kursus mengemudi di driving school dengan biaya sekitar 286.000 yen (sekitar 30an juta rupiah).

oke.. disini saya akan membahas cara mentrasnfer SIM A Indonesia ke menkyosho (SIM Jepang), dikarenakan saya telah memiliki SIM A Indonesia dan juga pertimbangan biaya kursus mengemudi di Jepang yang cukup mahal.

Syarat yang perlu diperlukan:
Memiliki SIM A yang valid, pastikan SIM A kita asli ya dan masih berlaku.
Tinggal di Indonesia setidaknya selama tiga bulan (90 hari) setelah SIM A dikeluarkan, nah banyak kasus “kurang umur” SIM A-nya. Jika kita memiliki SIM A perpanjangan (SIM kedua dst) yang kurang dari 90 hari dari dikeluarkan, kita dapat melampirkan dokumen dari Polres tempat dikeluarkannya SIM A. Contoh surat keterangan dari Polres.

Surat Keterangan Perpanjangan SIM dari Polres

Paling tidak berusia 18 tahun.
Pegang visa yang valid untuk tinggal di Jepang, maksudnya visa tinggal, bukan visa kunjungan sementara.
Daftarkan diri Anda sebagai penduduk asing di kota, kota, atau kantor lingkungan Anda. Biasanya Anda memiliki resident card dan jangan lupa untuk meminta juminhyo terbaru (1 bulan).
Jika anda telah memiliki Paspor perpanjangan, bawalah juga paspor yang telah expaired dan paspor terbaru anda. Mereka akan mencocokkan dimana anda berada saat SIM A anda di keluarkan, dan apakah SIM A kita telah mencapai 90 hari di Indonesia.
Translate SIM A ke bahasa Inggris, untuk translation bisa datang ke JAF terdekat di kota, atau melalui pos dengan mengirim dokumen SIM A, fc paspor, fc resident card dan uang + ongkirnya. dengan Biaya 3000 yen + ongkos kirim 500.

Translation SIM A Indonesia

Proses pemeriksaan

1. Inspeksi dokumen, sebelum mendapat kan formulir, semua dokumen akan diperiksa apakah telah lengkap atau belum. Kekurangan 1 dokumen tidak akan diproses.
SIM A asli
Paspor yang masih berlaku dan jika ada paspor yang telah expaired
Zaydocard/ resident card
pasfoto 2×3 sebanyak 2
Juminhyo dari kota kita tinggal yang terbaru
Translation SIM A dari JAF
Jika ada dokumen dari Polres yang menyatakan SIM A kita telah diperpanjang.
3. Interview diikuti oleh pemeriksaan dokumen. Pada saat interview kita akan ditanya seputar cara mendapatkan SIM A di Indonesia (bagaimana caranya, tes-tes apa saja yang dilakukan, dan berapa biayanya), apakah pernah mengikuti kursus mengemudi, apakah pernah kecelakaan, jenis mobil manuat atau otomatik yang akan digunakan, dan apakah pernah berurusan polisi di Indonesia maupun di Jepang. Biasanya mereka tidak mau interview menggunakan bahasa selain bahasa Jepang. Jika tidak bisa bahasa Jepang, kita diperbolehkan mengajak interpreter atau teman kita yang fasih berbahasa Jepang dan juga bahasa lain.

Setelah semua dokumen diterima dan kita lolos interviewnya, selanjutnya kita diharuskan membayar 2550 yen ke loket pembayaran, dan kita dapat mengikuti tes selanjutnya dengan menyerahkan bukti pembayaran.

Bukti pembayaan

4. Tes pengetahuan – ini biasanya ada sepuluh pertanyaan, dengan jawaban benar / salah; diperlukan tujuh jawaban yang benar untuk lulus, kita dapat memilih soal dalam bahasa Inggris atau Jepang, gak ada bahasa sundanya ya.
Salah satu soalnya : “Jika terjadi bencana saat sedang mengemudi, kemudian berhenti, apakah kita harus meninggalkan mobil dalam keadaan kunci mobil kita tinggalkan? Mungkin banyak teman2 dari Indonesia akan menjawab: bawa dong kuncinya nanti dimaling. Tapi soalnya untuk di Jepang ya…

5. Tes Mata dan warna- pada tes mata jika kita menggnakan kacamata, pakailah pada saat test mata dan pada saat test mengemudi. Saat test ini akan ada seperti huruf “c” yang berbeda ukuran dan berbeda arah, jika tidak lupa dan tidak mengetahui arah atas, bawah, kiri dan kanan bisa menggunakan isyarat jari hehehe. Untuk warna biasanya hanya 3 warna, biru kuning dan merah.

6. Tes Mengemudi – ujian keterampilan pada kursus tertutup di Pusat Lisensi. Pada ujian ini kemahiran mengemudi dan tertib peraturan lalulintas kita akan dinilai, Penilaian tidak hanya dari bisanya kita mengemudi, tapi peraturan-peraturan yang harus ditaati. Sebelum test dimulai, mereka akan memberi rutenya dan peraturan-peraturannya. tips, pahami rute dengan baik dan pelajari peraturan-peraturannya.

Rute test
Rute test

Peraturan yang harus kita pelajari
7. Persiapan menkyosho atau SIM Jepang, kita harus membayar sejumlah 2500 yen untuk mengeluarkan SIM Jepang kita. Setalah itu melakukan foto dan menunggu beberapa saat, jadilah menkyosho nya..

Mankyosho/ SIM Jepang

Mobil yang digunakan untuk test

diadopsi dari: https://aditya-wibawa.blogspot.com/2019/11/sebelum-pindah-ke-jepang-saya-tidak.html (telah diizinkan)

Translate ยป