Kuliah di Jepang Pakai Beasiswa Apa?
July 4, 2018
0

Jepang menjadi salah satu tujuan favorit mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan kuliah baik untuk bidang master ataupun doctoral. Tidak sedikit juga mahasiswa yang kuliah di Jepang sejak bangku s1, selain Jepang memiliki iklim penelitian yang sangat mendukung, budaya Jepang yang masih di benua asia tidak akan membuat orang-orang Indonesia menjadi shock culture namun masih merasakan negara empat musim seperti di eropa.

Kuliah di Jepang menurut penulis sedikit tricky karena biasanya professor di Jepang juga membutuhan mahasiswa international untuk regenerasi labortoriumnya sehingga mereka akan mudah menerima mahasiswa dari luar Jepang termasuk dari Indonesia, namun di Jepang memiliki kendala sedikitnya beasiswa yang tersedia, jadi jika mahasiswa international sudah memiliki beasiswa misal dari Indonesia maka akan sangat mudah diterima kuliah di Jepang. jika belum tahu bagaimana mencari professor untuk kuliah s2 ke Jepang, kamu sudah bahas lengkap disini.

Dari banyak pertanyaan yang masuk ke PPI fukuoka salah satunya adalah beasiswa apa yang bisa digunakan untuk kuliah ke Jepang? Di tulisan ini kami akan bahas sedikit beberapa beasiswa yang bias digunakan untuk melanjutkan kuliah di Jepang.

 

  1. Monbukagakusho/MEXT Government to Government (G to G).

Sebenarnya beasiswa MEXT terdapat 2 jenis yaitu G to G dan U to U namun keduanya akan kami bahas terpisah karena prosesnya juga berbeda. MEXT G to G adalah beasiswa yang disediakan oleh kedutaan besar Jepang yang diberikan untuk mahasiswa international dari berbagai negara. Proses seleksinya biasanya melalui kedutaan besar Jepang di masing-masing negara.

Ada beberapa jenis beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa dan guru, seperti untuk research student, mahasiswa s1, s2, dan s3 dan lainnya. Syarat dan informasi lebih lanjut bias dilihat di website kedutaan besar Jepang disini.

 

  1. Monbukagakusho/MEXT Universityt to University (U to U).

Berbeda dengan G to G untuk MEXT U to U proses seleksinya melalui kampus di Indonesia dengan kampus di Jepang. Biasanya beasiswa ini bisa di daftar untuk mahasiswa yang universitasnya memiliki kerjasama dengan kampus di Jepang. Beberapa kampus yang memiliki kerjasama dengan kampus di Jepang adalah ITB, UGM, UI, ITS dan lainnya. Jika membutuhkan informasi lebih lengkap bisa dicek di kampus masing-masing apakah kampusnya memiliki jatah untuk beasiwa MEXT U to U.

 

  1. Jasso (Japan Student Service Organization)

Adalah beasiswa yang juga berasal dari Jepang, nominal yang diberikan hanya sebesar 80rb yen, untuk kota seperti fukuoka nominal seperti itu masih cukup namun sulit untuk menabung, namun jika untuk kota sekelas Tokyo nominal tersebut akan sangat kurang. Jadi beasiswa ini biasanya diberikan untuk mahasiswa yang short term atau hanya tinggal sebentar seperti research student, exchange student, mahasiswa yang hanya melakukan analisis di laboratorium selama 2-3 bulan, atau mahasiswa s1 di awal perkuliahannya sampai dapat beasiswa pengganti. Beasiswa ini juga bisa didaftar melalui kampus di Indonesia jika kampusnya memiliki kerjasama dengan kampus di Jepang. Informasi lengkapnya bisa dilihat disini.

 

  1. JICA (Japan International Corporation Agency)

Jica adalah salah satu penyedia beasiswa dari Jepang yang ditujukan juga untuk mahasiswa international, JICA bukanlah beasiswa untuk umum seperti yang tertulis di websitenya, beasiswa ini hanya diberikan kepada orang-orang yang merupakan lulusan dari kampus yang memiliki kerjasama dengan JICA Indonesia, beberapa kampus tersebut adalah UI, ITB, UGM, ITS dan UNHAS. Jadi untuk para pembaca yang merupakan lulusan kampus tersebut silahkan cari informasinya di kampus masing-masing. Website JICA.

 

  1. INPEX scholarship

INPEX adalah salah satu perusahaan di Jepang yang memberikan beasiswa secara rutin setiap tahun, beasiswa ini ditujukan untuk orang asing yang ingin berkuliah di Jepang namun hanya untuk level master’s degree yaitu untuk 2 tahun. Setiap tahun dari Indonesia hanya diambil 3 orang untuk menerima beasiswa ini. Beasiswa INPEX setiap tahun membuka pendaftaran mulai dari agustus – November untuk periode kuliah tahun berikutnya. Jika pendaftaran 2019 artinya beasiswa digunakan untuk kuliah 2019.

Untuk informasinya bisa dilihat disini.

 

  1. LPDP

Beasiswa LPDP sudah menjadi primadona bagi banyak orang untuk kuliah ke luar negeri kamu juga bisa mendaftar beasiswa LPDP untuk kuliah ke Jepang namun hanya beberapa universitas saja yang menjadi tujuan beasiswa ini, informasinya bisa dicek disini.

 

  1. Beasiswa perusahaan

Beberapa perusahan di Jepang juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa asing namun berbeda dengan INPEX perusahaan ini tidak rutin memberikan beasiswa setiap tahun, biasanya informasi beasiswa ini akan muncul di website universitas setelah kita diterima, jadi bagi yang ingin berkuliah di Jepang sudah diterima namun belum ada beasiswa bisa menanyakan informasinya kepada supervisornya di Jepang atau cek website universitasnya karena biasanya ada banyak informasi yang tersedia.

 

  1. Beasiswa kampus tujuan.

Bagi yang belum tahu beberapa universitas di Jepang biasanya memberikan beasiswa untuk mahasiswa asing melalui beberapa program, seperti di Kyushu University terdapat beasiswa Green Asia, Kyushu University friendship scholarship atau di Akita University terdapat beasiswa Leading Program. Informasi beasiswa ini biasanya akan diletakan di website unversitas atau dari supervisor yang kita hubungi, jadi jika kalian ingin menghubungi supervisor untuk pembimbing di Jepang bisa juga ditanyakan tentang ketersediaan beasiswa dari kampus tujuan. Kyushu Friendship scholarship.

 

Sekian informasi yang bisa diberikan dari PPI Fukuoka, selain beasiswa yang sudah disebutkan di atas ada juga beasiswa part time job yaitu untuk orang-orang yang memiliki semangat tinggi kuliah ke Jepang namun tidak memiliki beasiswa, dengan gaji dari part time bisa sedikit menutup untuk biaya hidup.

Translate »