Komunitas Muslim Di Fukuoka
April 24, 2018
0

Assalaamualaikum! Buat teman-teman muslim yang baru saja datang di Fukuoka, pasti penasaran dong, kira-kira di negeri yang mayoritas bukan muslim ini, ada nggak sih komunitas-komunitas muslimnya? Jangan khawatir, walaupun jumlah muslim di Jepang tidak banyak, tapi ada komunitas-komunitas lain selain PPI yang mewadahi muslim dari seluruh dunia untuk saling mengenal dan menjalin silaturahmi. Apa saja sih? Yuk, kita tengok bersama.

 

1. Keluarga Muslim Indonesia di Fukuoka (KMIF)

Sesuai dengan namanya, komunitas ini khusus untuk mewadahi muslim yang berasal dari negara Indonesia saja. Kegiatan rutin yang biasa diselenggarakan adalah kajian setiap bulan (Kajian Musfuk/Muslim Fukuoka) untuk ikhwan dan akhwat (terpisah), kajian tematik, buka puasa bersama pada bulan Ramadhan, halal bihalal, dan hanami. Kajian bulanan ini biasanya dilaksanakan bergilir di rumah-rumah salah satu diaspora muslim Indonesia di Fukuoka dan yang diisi oleh para anggota sendiri dengan tema-tema menarik dari kewirausahaan sampai sharing pengalaman hidup di Jepang.

Selain kajian rutin bulanan, KMIF juga mengadakan kajian tematik atau incidental dengan mendatangkan ustad-ustad kondang dari Indonesia ke Fukuoka seperti Ust. Felix Siaw, Ust. Salim A Fillah, Ust. Cahyadi Takariawan dll.

Di bulan Ramadhan, apalagi yang ditunggu-tunggu selain buka puasa bersama? Selain bisa melepaskan kerinduan akan negara kita tercinta, kita juga bisa mencicip masakan-masakan lezat nusantara ala ibu-ibu muslim Indonesia di Fukuoka. Jangan khawatir Idul Fitri teman-teman akan sepi, karena KMIF selalu mengadakan acara halal-bihalal selepas sholat idul fitri di masjid khusus untuk Indonesia!

Selain acara khusus muslim, KMIF bersama PPIF mengadakan Hanami setiap tahun di  awal musim semi untuk mempererat silaturahmi antar diaspora Indonesia di Fukuoka.

Komunitas Muslim Indonesia di Fukuoka dalam perayaan Idul Adha Tahun 2016

     

 2. Fukuoka Muslim Community

Komunitas yang berikut ini merupakan wadah mahasiswa dan para pendatang muslim dari seluruh dunia yang ada di Fukuoka. Para brothers biasanya akan bergabung dalam Brothers in Fukuoka sedangkan untuk para sisters akan tergabung dalam Sisters in Fukuoka.  Komunitas Brothers dan Sisters in Fukuoka ini juga kerap mengadakan event seru seperti Muslim Charity Bazaar, kegiatan kajian keagaamaan, dan pertandingan persahabatan seperti futsal. Fukuoka Muslim Community ini sendiri merupakan komunitas yang diampu dan terpusat di Masjid Al Nour Fukuoka yang sekaligus merupakan Islamic Center di Fukuoka.

Untuk informasi lebih lengkapnya, teman-teman bisa mengunjungi websitenya di http://www.fukuokamasjid.org dan untuk terus update dengan kegiatan-kegiatan masjid, teman-teman juga bisa kunjungi laman Facebook di Fukuoka Masjid Al Nour Islamic Center (https://www.facebook.com/FukuokaMasjid/) . Info-info penting seperti perubahan jadwal sholat, kegiatan masjid seperti cooking class, open house, info kegiatan Ramadan, serta berita mualaf biasanya akan diposting di sana.

 

Islamic Centre Masjid Al Nour Fukuoka

Suasana jamaah di dalam mesjid An Nour Fukuoka

Kegiatan olahraga yang diselenggarakan Brothers  in Fukuoka

 

3. Kyushu University Muslim Students Association (KUMSA)

Khusus untuk pelajar muslim yang sedang menempuh studi di Kyushu University, teman-teman bisa bergabung dalam komunitas muslim untuk pelajar bernama Kyushu University Muslim Students Association (KUMSA). Komunitas ini adalah komunitas yang mewadahi umat muslim pelajar di Kyushu University untuk berkumpul, bersilaturahmi, dan mengadakan kegiatan-kegiatan islami. Komunitas ini merupakan komunitas legal yang diakui oleh Kyushu University. Oleh karena itu, jika anggota KUMSA membutuhkan support atau dukungan universitas, biasanya pihak Kyushu University akan membantu.

KUMSA juga merupakan perantara yang mewakili komunitas pelajar muslim di Kyushu University dengan pihak universitas. Salah satu peran penting KUMSA adalah menyediakan fasilitas keagamaan untuk mahasiswa muslim di Kyushu University seperti meminjam salah satu sudut ruangan untuk tempat sholat berjamaah yang terletak di Kampus Ito, West 3 lantai 3, memastikan tempat sholat untuk sholat-sholat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha di Kampus Ito, dan menyelenggarakan sholat maghrib, isya, dan tarawih berjamaah sekaligus mengoordinasi iftar gratis selama bulan Ramadhan.

Sedangkan event-event rutinnya, KUMSA pun juga mengadakan welcome party untuk mahasiswa baru di masjid, mengadakan acara barbeque halal, dan acara terbesarnya adalah mengadakan Islamic Week setiap tahun untuk pelajar Kyushu University dan terbuka untuk berbagai kalangan. Islamic Week sendiri bertujuan untuk mengenalkan budaya dan agama Islam dari berbagai negara kepada kalangan umum di universitas. Menuliskan nama dalam kaligrafi arab, mencicip makanan halal dari berbagai negara muslim, mendengarkan tilawah quran, dan mencoba pakaian muslim biasanya selalu menjadi corak dalam kegiatan Islamic Week.

Berfoto dengan nama dalam kaligrafi arab di acara Islamic Week

Komunitas KUMSA

 

Untuk mengetahui dan update kegiatan-kegiatannya, teman-teman juga dapat melihat melalui laman Facebook berikut: https://www.facebook.com/KyushuUniversityMSA/.

Nah bagaimana? Menarik kan?

Esensi dari muslim itu adalah komunitas (ummah) dan setiap muslim itu bersaudara, apapun warna kulitnya, bahasanya. Jika ada bagian tubuh yang satu sakit maka yang lain pun akan ikut merasakan. Jangan sia-sia kan kesempatanmu untuk melihat indahnya keragaman muslim dari berbagai belahan dunia di Fukuoka!

 

Penulis / Editor
Novitri Hastuti / Melisa

 

Translate »