Kepengurusan PPI Fukuoka 2016/2017
December 15, 2016
0

Dalam rangka memulai kepengurusan baru Persatuan Pelajar Indonesia Jepang Komisariat Fukuoka masa bakti 2016/2017, Sabtu, 10 Desember 2016 lalu, diadakan rapat koordinasi penyusunan program kerja. Slogan yang sama seperti tahun lalu, “Dari Fukuoka untuk Indonesia”, masih menjadi penggebah semangat untuk melaksanakan tugas kami sebagai ‘duta’ Indonesia di Jepang.
Tidak ada perubahan signifikan dari susuran divisi-divisi yang menjadi pilar-pilar PPIF 2016/2017 ini. Namun, ide-ide baru yang dituangkan setiap divisi-divisi tersebut, menunjukkan rasa cinta dan tanggung jawab yang besar kepada Indonesia.

  1. Divisi Olahraga
    Divisi pertama yang mempresentasikan program kerjanya adalah divisi yang bertugas menjaga kebugaran tubuh pelajar-pelajar Indonesia di Fukuoka ini, yaitu Divisi Olahraga. Divisi Olahraga bertekad untuk menaikkan tingkat partisipasi warga PPIF dalam kegiatan olahraga, dan dengan begitu diharapkan prestasi cemerlang yang sudah diraih oleh tim perwakilan Indonesia yang lalu di berbagai pertandingan olahraga, akan semakin gemilang. Divisi Olahraga juga akan mengubah konsep friendly match menjadi semacam turnamen olahraga, dan direncanakan akan diadakan pada Juli 2017.
  2. Divisi Eksternal
    Presentasi program kerja dilanjutkan oleh Divisi Eksternal. Sebagai divisi yang paling lancar berbahasa Jepang, Divisi Eksternal akan membagikan ilmu mereka ke anggota PPIF lainnya dengan cara mengadakan kelas Bahasa Jepang rutin, dengan sedikit biaya tentu saja. Dengan demikian, diharapkan pelajar Indonesia di Fukuoka dapat sedikit lebih mandiri dalam urusan berbahasa Jepang.
  3. Divisi Kajian
    Divisi selanjutnya, Divisi Kajian, mencanangkan dua program kerja baru dalam rangka meningkatkan semangat menulis dan semangat berdiskusi demi mencari ide-ide terbaik dalam pemecahan masalah yang dihadapi negeri kita tercinta. Program dengan tajuk ‘Surat untuk Presidenku’, diadakan setiap bulan dengan topik bidang keilmuan yang berbeda, adalah sebuah program yang diharapkan akan membangkitkan budaya menulis kritis. Sementara program kerja kedua, Inspiratia Flava, akan membangun sebuah forum diskusi keilmuan setiap 2-3 bulan, bersama dengan pembicara profesional.
  4. Divisi InfoKom
    Divisi paling ‘beredar’; yaitu Divisi Informasi, Komunikasi, dan Dokumentasi (disingkat InfoKom); juga tidak ketinggalan. Divisi InfoKom pada tahun ini akan memanfaatkan segala media sosial semaksimal mungkin, termasuk Instagram Story. Agar warga Indonesia di Fukuoka juga tidak ketinggalan acara-acara seru yang diikuti atau diadakan PPIF, Divisi InfoKom tidak akan lupa melakukan live report, sehingga di tengah berlangsungnya acara, warga Indonesia di Fukuoka yang tadinya tidak mengetahui informasi mengenai acara tersebut, menjadi tahu sebelum acara selesai dan masih memiliki kesempatan untuk datang dan ikut berpartisipasi. Divisi InfoKom juga dengan bangga mempersembahkan program radio terbaru yang diamanahkan pada mereka biweekly, yaitu Sore Dame, yang akan mengudara setiap Jumat.
  5. Divisi SenBud
    Divisi Seni dan Budaya (SenBud) yang mengemban tugas mulia memperkenalkan budaya Indonesia di mata internasional juga mencanangkan terobosan-terobosan baru. Selain Tari Saman dan Angklung yang sudah menjadi kebanggaan PPIF, Divisi SenBud tahun ini akan menambahkan angin segar yaitu akan dibentuknya tim Tari Merak. Program kerja menarik lainnya yang akan diluncurkan adalah PDKT, yang akan memperkenalkan budaya daerah Indonesia dari Aceh sampai Papua dengan media infografik. Terakhir, Divisi SenBud pada Agustus 2017, akan mengorganisasi acara besar seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu Indonesia Culture Day, dengan tema Kuliner dan Mainan Nusantara.
  6. Divisi Wisata
    Setelah berlelah-lelah kuliah, riset, dan juga mengurus PPIF, tentu saja pelajar Indonesia di Fukuoka membutuhkan waktu senggang untuk berlibur dan melemaskan otot dan otak. Atas panggilan itu, Divisi Wisata akan mengajak warga Indonesia di Fukuoka untuk berjalan-jalan ke Pulau Iki pada bulan Maret. Acara tahunan seperti Welcome Party dan Hanami juga tidak akan luput dari perhatian Divisi Wisata, yang berjanji akan memberikan kenangan dan pengalaman yang menyenangkan melebihi party-party sebelumnya.
  7. Divisi Sosial dan Kesejahteraan Warga
    Dan terakhir, divisi paling berjiwa besar dan dermawan, Divisi Sosial dan Kesejahteraan Warga, mencanangkan dua program baru. Pertama, yaitu program penggalangan dana rutin sebagai pundi-pundi darurat jika ada warga Indonesia di Fukuoka mengalami masalah seperti sakit dan sebagainya, atau kejadian seperti musibah di bumi Indonesia. Program kedua adalah Living Guide, yang terbagi menjadi dua bagian, guidebook dan early greeting. Seperti namanya, Divisi Sosial akan menyediakan sebuah e-book yang akan dapat diunduh di website PPIF, agar calon mahasiswa Indonesia di Fukuoka, begitu juga mahasiswa baru, dapat memperoleh informasi yang lengkap mengenai kehidupan di Jepang, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri. Sementara early greeting bertujuan untuk menyambut mahasiswa Indonesia yang baru datang, serta memberikan arahan dan bantuan langsung untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan baru di Fukuoka.

Demikian sedikit gambaran program kerja yang akan kami laksanakan dalam masa bakti sekitar satu tahun ke depan. Semoga program-program kerja tersebut dapat berjalan dengan baik, dan tentu saja, semoga kami bisa memberikan sedikit sumbangsih ke Ibu Pertiwi sekalipun kami berada jauh darinya, karena sesuai slogan kami, “Dari Fukuoka untuk Indonesia.”

Oleh
Rizki Reza Fauzi
Translate »