Tulisan
Hari Batik Nasional dari Fukuoka
October 3, 2019
0

Setiap 2 Oktober, Indonesia memeringati Hari Batik Nasional.

Batik telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang membidangi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan yaitu UNESCO. Pada 2 Oktober 2009, UNESCO memasukkan batik dalam daftar representatif budaya tak benda warisan manusia.

Penetapan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional (HBN) sendiri tercantum pada Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009. Penetapan Hari Batik Nasional ini merupakan usaha pemerintah untuk meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif di forum internasional. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan dunia terhadap mata budaya Indonesia. Tujuan lainnya tentu saja untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia.

Di Kyushu University, pelajar Indonesia berkumpul di center zone Ito campus untuk mengadakan sesi foto bareng. Antusis pelajar untuk ber-foto sangat luar biasa, berbagai motif batik tapak pada sesi foto, ini menandakan besarnya kebudayaan bangsa Indonesia. Memiliki kebanggaan dan kecintaan tersendiri bagi pelajar Indonesia di Fukuoka menggunakan batik cipta karya asli budaya Indonesia, tidak hanya pada HBN, pelajar Indonesia di Fukuoka sering menggunakan batik di acara-acara yang di adakan oleh PPIF dan BSOB, maupun acara resmi Internasional.

Foto bareng juga di adakan di Kyusu University Chikushi campus dan Ohasi campus, walau peserta tidak sebanyak di Ito campus mereka tetap antusias dan semangat untuk foto bareng.

Bangga Dengan Batik Warisan Budaya Indonesia..

Sumber Foto: Gde Pandhe Wisnu Suyantara & Indranova Suhendro

Translate ยป