Hanami 2018
March 24, 2019
0

Pada hari Minggu, 24 Maret 2019, telah dilaksanakan Hanami 2019 yang diselenggarakan atas kerjasama antara PPI Fukuoka dan Komunitas Muslim Indonesia-Fukuoka di Ohori Park, Fukuoka. Hanami (花見, melihat bunga) merupakan tradisi di Jepang untuk menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura di musim semi. Selain itu, hanami juga biasa dilakukan dengan piknik bersama keluarga, kolega di kantor, komunitas di sekolah atau di masyarakat, dan juga bersama teman-teman. Pada musim semi, khususnya disaat puncak mekarnya bunga sakura, taman-taman kota di Jepang akan dipadati masyarakat yang sedang melakukan hanami.

Hanami tahun ini dilaksanakan sedikit lebih awal dari perkiraan puncak mekarnya bunga sakura sehingga di lokasi acara belum banyak pohon sakura yang bermekaran, tapi beruntung sekali berkat persiapan dari tim divisi kekeluargaan PPI Fukuoka yang sudah mempersiapkan lokasi sejak dini hari sehingga kami bisa mendapatkan lokasi hanami yang baik, tepat di bawah pohon sakura yang sedang mekar.

Acara hanami kali ini dimulai pukul 09.00 yang diawali dengan registrasi yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PPI Fukuoka, Indranova Suhendro. Setelah sambutan dari ketua PPI Fukuoka, acara dilanjutkan dengan sharing session dari Komunitas Muslim Indonesia-Fukuoka.


Mendekati jam makan siang, acara hanami dilanjutkan dengan BBQ party yang juga kemudian menjadi momen bersilaturahmi untuk saling menyapa dan berbincang sambil menikmati hidangan makan siang. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 warga Indonesia yang terdiri dari pelajar maupun pekerja yang membawa serta keluarganya dan juga beberapa warga Jepang yang sering berpartisipasi dalam acara kebudayaan Indonesia di Fukuoka dan juga yang tergabung dalam NPO Teman Hati.

Setelah melaksanakan ibadah shalat Dzuhur dan makan siang, acara dilanjutkan dengan ramah tamah, diskusi, dan juga sesi foto bagi para peserta yang ingin berfoto di bawah pohon sakura. Untuk memeriahkan acara Hanami 2019, divisi Informasi dan Komunikasi PPI Fukuoka juga mengadakan Foto Kontes berhadiah yang diselenggarakan di lokasi Hanami dan pada saat pelaksanaan Hanami 2019 ini. Pemenang foto kontes akan di publikasikan di website dan media sosial PPI Fukuoka serta mendapatkan hadiah berupa Amazon Gift Card.


Selain untuk menikmati bunga sakura, acara hanami ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi pelajar Indonesia yang baru datang ke Fukuoka dengan warga yang sudah lama tinggal di Fukuoka. Selain itu, dalam acara ini ada juga beberapa pelajar Indonesia yang berpamitan menjelang kepulangannya ke Indonesia selepas menyelesaikan masa studi di Fukuoka. Meskipun bunga sakura belum mekar sepenuhnya, acara ini berjalan sangat baik dan meriah dengan partisipasi aktif dari para peserta.

PPI Fukuoka mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu kelancaran acara Hanami 2019 ini, serta kepada warga Indonesia yang telah ikut berpartisipasi dalam acara ini. Semoga melalui acara ini, bisa terjalin komunikasi dan tali silaturahmi yang lebih baik antar warga Indonesia di Fukuoka.

Apresiasi terbesar kami ucapkan kepada divisi kekeluargaan PPI Fukuoka, Komunitas Muslim Indonesia-Fukuoka, dan juga para anggota PPI Fukuoka atas kerjasamanya selama persiapan hingga pelaksanaan acara hari ini. Semoga acara ini meninggalkan kesan dan kenangan yang baik untuk kita semua.

Sampai bertemu di Hanami tahun depan !

 

Translate »