FUTSAL MERDEKA – Semarak Dirgahayu RI di Fukuoka
August 27, 2016
0

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70, pada hari Minggu 21 Agustus 2016 PPI Fukuoka menyelenggarakan acara turnamen “Futsal Merdeka” yang juga menjadi salah satu dari rangkaian acara peringatan kemerdekaan yang diadakan PPI Fukuoka. Turnamen yang digelar di lapangan sepakbola Kyushu University kampus Maidashi ini diikuti oleh 8 peserta, 7 di antaranya merupakan tim-tim beranggotakan orang Indonesia dari kepulauan Kyushu, serta 1 tim invitasi terdiri dari pemain asing dari negara Mesir dan sekitarnya.

Turnamen yang diadakan dengan sistem half round-robin ini membagi tim peserta kedalam dua grup, dimana peringkat satu dan dua dari masing-masing grup nantinya berhak melaju ke semifinal. PPI Fukuoka yang menurunkan tiga tim pada turnamen ini, menempatkan dua perwakilannya, Shirohama FC dan Juara FC, di grup A bersama dua tim lainnya dari PPIJ Kumamoto dan tim yang berasal dari Kurume. Sementara itu, perwakilan PPIF di grup B, Sakinah FC, berjuang untuk bisa mengungguli tiga lawannya dari BVJ Kyushu (Fukuoka), Uye FC (Kitakyushu), dan tim gabungan Mesir. Di akhir fase grup, sayangnya, tiga tim PPIF gagal melaju ke semifinal setelah hanya menempati dua peringkat terbawah di masing-masing grup.

Semifinal yang mempertemukan juara dan runner up dari masing-masing grup dilaksanakan setelah break 10 menit dari panitia. Juara dari grup A, Juara FC, bertemu dengan runner up dari grup B, Uye FC, yang diakhiri dengan kemenangan dari Uye FC sehingga mereka berhak melaju ke babak final. Sementara itu juara grup B, tim Mesir, menaklukkan runner up grup A, Kurume FC, di leg semifinal yang lain.

Final dilangsungkan antara tim Mesir dan Uye FC berlangsung dengan sengit. Kondisi pemain yang sudah kelelahan ditambah dengan kerasnya permainan, membuat wasit harus berkali-kali menghentikan pertandingan karena pelanggaran ataupun cedera pemain. Hingga akhirnya skor 0-0 masih bertahan pada akhir babak kedua sehingga pertandingan diputuskan lewat adu penalti. Pada adu penalti, dua penendang dari tim Uye FC gagal melesakkan bola ke dalam gawang sehingga membuat gelar juara jatuh kepada tim Mesir yang berhasil memasukkan semua tendangan penalti mereka.

Pada akhir acara, diadakan pengalungan medali dan penyerahan piala untuk runner up dan juara turnamen. Selain itu, ada juga penghargaan top scorer dan best player yang jatuh pada Abdelrhman Zkria dan Saidi Rumanzi Rudafungwa dari tim Mesir.

Mesir Uye.jpg
Tim Mesir dan Tim Uye (Kitakyushu). Sumber : Dokumentasi Pribadi Siswahyu Marlo
Kumamoto Kurume.jpg
Tim Kumamoto FC dan Kurume FC. Sumber : Dokumentasi Pribadi Siswahyu Marlo
Shirohama FC vs Juara FC.jpg
Tim Shirohama FC dan Tim Juara FC, Itoshima. Sumber : Dokumentasi Pribadi Siswahyu Marlo

 

Kontributor : M. Haekal (Divisi Olah Raga PPIF)

Editor : Mohammad Fadhillah

Translate »