F.A.Q seputar Fukuoka
August 4, 2016
0

PPI Jepang komisariat Fukuoka (PPI Fukuoka) sering mendapatkan pertanyaan seputar hal-hal di Fukuoka saat ada rekan-rekan dari Indonesia yang berkunjung ke Fukuoka, baik itu untuk kegiatan kunjungan singkat/wisata, konferensi ilmiah, mengunjungi keluarga, perlombaan dsb. Hal yang sering ditanyakan antara lain : penginapan murah dan terjangkau, makanan halal, pusat oleh-oleh, tujuan wisata, transportasi dari bandara ke lokasi, transportasi di dalam kota Fukuoka, dokumen keimigrasian dan beberapa hal lainnya. Nah, oleh karena itu. Berikut kami rangkum jawaban dari pertanyaan tersebut untuk memudahkan kita bersama.

  1. Penginapan di Fukuoka

Fukuoka merupakan salah satu kota besar di Jepang, namun jika dibandingkan dengan Tokyo atau Osaka, Fukuoka jarang jadi tujuan wisata. Hal ini mungkin yang membuat penginapan murah di Fukuoka terutama ala Backpacker sangat jarang ditemukan. Jika di Tokyo dan Osaka masih mudah ditemukan penginapan per orang dengan harga 1000-2000 JPY per malam, di Fukuoka susah menemukan harga semurah itu. Cara mencari penginapan di Fukuoka bisa melalui situs seperti : Agoda[dot]com, Booking[dot]com, airbnb[dot]com dan lainnya. Kisaran harga penginapan termurah di kota ini yaitu antara : 2500 JPY โ€“ 7000 JPY (Rp 300.000-900.000). Harga tersebut bisa saja berubah tergantung kondisi. Kami sangat menyarankan agar mencari hotel minimal sebulan sebelum keberangkatan ke Fukuoka, karena sering kali pada saat high season hotel susah dicari. Berikut hasil pencarian melalui situs agoda[dot]com pada tanggal 3 Agustus 2016 untuk menginap tanggal 22-24 Agustus 2016.

1.png

Beberapa rekan Indonesia juga kadang mengontak PPI untuk menginap di rumah rekan mahasiswa Indonesia di Fukuoka. PPI hanya membantu untuk menyampaikan ke semua WNI di Fukuoka. Namun, hal ini sangat bergantung kesediaan yang bersangkutan dan biasanya hanya terbatas untuk 1-2 orang (tidak dalam jumlah banyak)

 

NB : Masjid Fukuoka (lokasi : Hakozaki) juga tidak mengizinkan musafir/traveller untuk menginap.

 

  1. Makanan Halal

Bagi rekan yang baru pertama kali ke Jepang mungkin akan merasakan kesulitan untuk memilih makanan halal siap santap atau instant. FukuokaNOW dan Masjid Fukuoka pada tahun 2014 telah mengeluarkan daftar restoran dan toko yang menyediakan makanan halal baik dari muslim owner ataupun dari bahan yang digunakan. Berikut tautan artikelnya :

  • http://www.fukuoka-now.com/en/2014/03/fukuoka-city-muslim-friendly-restaurant-guide/

Selain itu, ada juga artikel mengenai bahan-bahan yang perlu dihindari saat membeli makanan ringan dan minuman di Jepang

  • http://ppi-fukuoka.or.id/makanan-halal-di-jepang/

 

 

  1. Tujuan Wisata

Jika berkunjung ke Fukuoka, sempatkan untuk melihat keindahan kota ini meskipun Cuma 1 hari. Beberapa tujuan wisata yang sangat mudah diakses di area kota Fukuoka antara lain : Fukuoka Tower, Museum Kota Fukuoka, Taman Ohori, Runtuhan Kastil Fukuoka, Uminonakamichi, Nokonoshima. Taman Ohori sangat cocok dikunjungi saat musim bunga sakura, Mei-awal April, sementara Uminonakamichi lebih berwarna saat musim gugur (Oktober-november). Tempat-tempat seperti Fukuoka Tower, Kastil Fukuoka dan lainnya bisa dinikmati kapan saja. Hampir semua tempat di atas bisa diakses hanya dengan subway Fukuoka, jika ingin menjelajahinya dalam sehari, Anda bisa membeli tiket 1 hari seharga 620 JPY (hari kerja), dan 520 JPY (Sabtu-Minggu)

 

  1. Transportasi dari bandara dan dalam kota

Subway/Kereta

Transportasi di dalam kota Fukuoka terintegrasi dengan baik, misalnya dari bandara menuju pusat kota dapat ditempuh dengan subway dari bandara Fukuoka (terminal domestik 1). Untuk daerah yang tidak dijangkau subway biasanya ada layanan JR atau Nishitetsu. Jadwal kereta/subway bisa diakses dari Google maps baik ketibaan, keberangkatannya maupun besar ongkosnya.

Bus Nishitetsu

Selain itu, transportasi umum yang juga banyak digunakan adalah bis Nishitetsu yang menjangkau hampir seluruh kota Fukuoka dengan biaya terjangkau. Warga Jepang umumnya terbiasa menggunakan kartu e-money seperti hayaken, nimoca, pasmo, suica dan berbagai varian namanya. Jika tidak memiliki kartu tersebut, maka Anda bisa membeli tiket di mesin tiket otomatis di setiap stasiun. Jadwal bus Nishitetsu juga bisa diakses dari Google maps baik ketibaan, keberangkatannya maupun besar ongkosnya.

 

  1. Kampus-kampus di Fukuoka

Fukuoka merupakan salah satu kota tujuan belajar di Jepang bagi banyak mahasiswa asing, nah berikut artikel tentang beberapa kampus besar di area kota dan prefektur Fukuoka dapat dilihat lebih detil di tulisan ini :

  • http://ppi-fukuoka.or.id/daftar-perguruan-tinggi-di-jepang-fukuoka/

 

  1. WIFI gratis

Masalah komunikasi merupakan salah satu yang sering menjadi kendala saat berada di Jepang. Jika tidak berniat mengaktifkan roaming internasional atau menyewa mobile wifi sendiri selama berada di Jepang, maka Anda bisa memanfaatkan WIFI gratis dari pemerintah kota Fukuoka. WIFI gratis ini tersedia di setiap stasiun di Fukuoka dan juga beberapa spot keramaian. Tidak perlu kata kunci/ password untuk memanfaatkan layanan ini, cukup dengan menyambungkan ke WIFI dengan nama : โ€œFukuoka City WiFyโ€ dan ponsel akan otomatis tersambung ke internet. Sambungan akan terhenti sendiri setiap 15 menit, kemudian Anda harus menyambung kembali.

 

Artikel seputar WIFI : http://wifi.city.fukuoka.lg.jp/%E5%88%A9%E7%94%A8%E6%89%8B%E9%A0%86/

 

Info lebih detil, silakan merujuk ke video ini : https://www.youtube.com/watch?v=IfSHXLMwH70

 

 

 

 

 

 

 

 

Translate ยป