Dari Fukuoka Untuk Indonesia
January 18, 2016
0

“Dari Fukuoka untuk Indonesia” demikian slogan yang diusung oleh kepengurusan Persatuan Pelajar Indonesia Jepang Komisariat Fukuoka (PPIF) masa bakti 2015/2016. Kepengurusan baru yang terbentuk pada medio Desember 2015 ini melaksanakan rapat koordinasi penyusunan program kerja kepengurusan pada awal Januari 2016. “Tahun Baru, Pengurus Baru dan Semangat Baru bagi PPIF untuk berkontribusi lebih optimal bagi sekitar” merupakan pesan yang ingin ditonjolkan dalam rapat koordinasi kali ini.

Lalu apa sih yang baru dari pengurus PPIF kali ini? tentunya pesan tahun baru tidak harus melulu berakhir sebagai jargon semata. Setidaknya ada beberapa pembaruan yang dilakukan dalam kepengurusan kali ini antara lain:

  1. Pembaruan dalam struktur kepengurusan dan job description masing-masing divisi. Saat ini ada 7 divisi yang akan melaksanakan program kepengurusan:
    • Divisi Informasi, Komunikasi, dan Dokumentasi
    • Divisi Eksternal
    • Divisi Kajian
    • Divisi Seni Budaya (Senbud)
    • Divisi Sosial dan Kesejahteraan Warga
    • Divisi Olahraga
    • Divisi Wisata dan Rekreasi
  2. Pola rekrutmen pengurus yang baru dan distribusi pengurus dengan mencoba memperhatikan keterwakilan setiap area kampus dan minat serta bakat pengurus masing-masing. Selain itu, untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi antar divisi, kepengurusan kali ini menerapkan sistem grid management, dimana setiap pengurus merangkap dua divisi. Langkah ini dilakukan mengingat banyak program kerja pengurus yang sifatnya saling terkait antar divisi. Sistem ini diharapkan bisa meningkatkan rasa kebersamaan sebagai satu kepengurusan.
  3. Dan yang paling penting adalah ide-ide baru yang dituangkan dalam program kerja kepengurusan. Agar tidak bertele-tele, berikut beberapa poin penting program kerja setiap divisi yang akan dilaksanakan selama kepengurusan.

Sesuai dengan namanya, program kerja Divisi Infomarsi, Komunikasi dan Dokumentasi akan fokus pada penyaluran informasi dan pendokumentasian terkait dengan kegiatan PPIF melalui beberapa media yang sudah dimiliki sebelumnya yaitu website, facebook, dan blog ataupun melalui media baru. Bahkan saat ini PPIF sudah memiliki akun Instagram (https://www.instagram.com/p/BAZZHsZls5P/) yang bisa di-follow untuk tetap update terkait dengan agenda kegiatan PPIF terdekat yang bisa rekan-rekan datangi dan ikut berpartisipasi.

Selain itu ada program pembaruan halaman website milik PPIF di www.ppi-fukuoka.or.id sehingga bisa lebih user friendly. Nantinya halaman web ini akan menjadi all-in-one information portal yang bisa diakses untuk mendapatkan informasi tentang PPIF bagi anggota ataupun masyarakat umum. Selain itu informasi dan reportase terkait dengan kegiatan PPIF akan secara reguler disampaikan dalam website ini.

Yang tidak kalah menarik adalah program Radio PPIJ dimana PPIF diberikan kesempatan untuk menampilkan para penyiar yang “kocak” dalam program Natsukashii setiap hari Sabtu mulai pukul 19.00 hingga 21.00 JST. Untuk mendengarkan siarannya, silakan akses web ini (jradio.ppijepang.org). Rekan-rekan bisa request lagu, berkirim salam, atau bernostalgia bersama penyiar radio PPIJ. Bagi yang berminat sebagai penyiar juga bisa menghubungi Divisi Informasi, Komunikasi, dan Dokumentasi.

OK, sepertinya cukup tentang Divisi Informasi, Komunikasi, dan Dokumentasi, mari beralih ke Divisi Eksternal. Program utama Divisi Eksternal adalah menjembatani PPIF dalam berkomunikasi dengan pihak luar seperti warga dan organisasi Jepang. Selain itu divisi ini nantinya juga menjadi ujung tombak bagi divisi-divisi yang lain untuk mengetahui tentang informasi kegiatan-kegiatan yang membutuhkan keikutsertaan PPIF seperti event olahraga, seni dan budaya, ataupun penyaluran bantuan sosial. Divisi Eksternal juga memiliki program untuk penjaringan sponsor potensial yang bisa dijajaki untuk pendanaan kegiatan PPIF.

Berikutnya merupakan divisi yang memegang peran penting dalam memenuhi unsur P kedua dalam PPIF, Pelajar. Divisi Kajian kali ini akan menyelengarakan diskusi terkait dengan topik-topik hangat dalam riset ataupun isu spesifik tentang Indonesia yang sekiranya penting untuk disikapi. Formatnya telah dirintis dengan “Bincang-bincang santai” yang bisa diakses dari Facebook PPIF. Diskusi pun akan diselenggarakan secara regular dengan output sebuah dokumentasi (tulisan ataupun video) yang nantinya secara berkala akan diarsipkan dan diterbitkan dalam sebuah buku.

Divisi Kajian juga memiliki program untuk “melanjutkan” pembuatan database mahasiswa Indonesia di Fukuoka dengan topik riset yang mereka lakukan sehingga nantinya tali silahturahmi bisa tetap dijalin sesama alumni PPIF. Yang tidak kalah menarik adalah program untuk memberikan pelatihan tentang menulis populer. Tentunya rekan-rekan mahasiswa sangat tidak asing tentang menulis ilmiah, tetapi akan berbeda halnya jika kita diminta untuk menulis hasil penelitian dalam bentuk tulisan popular. Nah, program ini memberikan kesempatan kepada kita,khususnya mahasiswa, untuk membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat awam tentang bidang keilmuan kita. Amushiroi desu ne?

Divisi berikutnya bisa dibilang merupakan “event organizer” dan lambing eksistensi PPIF untuk mengenalkan budaya dan seni Indonesia ke masyarakat Jepang. Selain mengikuti kegiatan regular penampilan kesenian dan budaya seperti angklung, Tari Saman, dan parade pakaian Indonesia dalam Hakata Dontaku, Divisi Seni dan Budaya memiliki misi untuk mencoba mengkolaborasikan potensi seni dan budaya Indonesia yang kita miliki di Fukuoka dalam sebuah kegiatan Indonesia Culture Day (ICD). Kali ini konsepnya tentu berbeda dengan ICD sebelumnya, penasaran tentunya, mari kita tunggu persembahan dari Divisi Seni dan Budaya.

Kali ini kita beralih ke Divisi Sosial dan Kesejahteraan Warga dan bantuan sosial, di internal pengurus divisi ini singkatnya dikenal sebagai Divisi Sosial. Divisi Sosial akan melayani kebutuhan anggota PPIF dalam aspek sosial, seperti bantuan tenaga untuk pindahan rumah atau apartment, bantuan untuk mendistribusikan warisan barang-barang yang layak pakai, pengurusan untuk pengiriman barang-barang rekan-rekan yang lulus, informasi terkait dengan ketersediaan beasiswa, serta mengoordinasikan bantuan sosial bagi rekan-rekan kita yang sedang dirundung kemalangan dan bantuan bagi musibah bencana di Indonesia. Dengan mengingat jumlah mahasiswa di Fukuoka yang cukup banyak, maka partisipasi aktif rekan-rekan PPIF dalam memberikan informasi kebutuhan rekan-rekan terkait Divisi Sosial sangat diharapkan. Divisi Sosial juga berusaha memberikan semacam “guide book” yang bisa digunakan sebagai panduan dalam memahami kehidupan di Jepang, terutama bagi mahasiswa yang baru datang ke Fukuoka.

Untuk keseimbangan tubuh, ditengah penat deadline tugas, ujian, ataupun paper, ada baiknya rekan-rekan mengikuti program olahraga yang diberikan oleh Divisi Olahraga. Divisi ini akan merancang latihan rutin beberapa cabang olahraga seperti sepakbola dan bulutangkis di beberapa kampus. Selain itu divisi ini memberikan kesempatan kepada rekan-rekan untuk mewakili Indonesia dalam pertandingan persahabatan dengan rekan-rekan mahasiswa Indonesia di kota lain (Kumamoto, Kitakyshu) dan mahasiswa Negara lain dalam kegiatan turnament yang diselenggaraka FOSA dan KUFSA. Selain itu Divisi Olahraga akan menyelenggarakan pertandingan Futsal untuk menyemarakkan HUT RI dan “Sport Day” bersama dengan mahasiswa Malaysia.

Last but not least adalah divisi yang menjadi unggulan buat refreshing dan menikmati keindahan Jepang, yup, it is time for Divisi Wisata dan Rekreasi. Seperti namanya, divisi ini akan membantu rekan-rekan dalam melakukan rekreasi dan wisata bersama PPIF. Program terbaru adalah wisata ski ke Kujyu Ski Resort yang akan dilaksanakan pada 31 Januari 2016, cek detailnya dalam Facebook PPI Fukuoka. Selain itu, wisata akan dilaksanakan ke beberapa obyek-obyek menarik disekitar Fukuoka dan Kyushu yang detailnya akan disampaikan nanti oleh pengurus melalui media sosial dan website yang ada. Program regular divisi wisata seperti Hanami dan penyambutan mahasiswa baru akan tetap mewarnai agenda PPIF di Tahun 2016.

Demikian garis besar kegiatan yang akan dirancang oleh Pengurus untuk anggota PPIF dan beberapa pembaruan di dalam PPIF demi lancarnya kepengurusan kedepannya. Kami tunggu partisipasi aktif rekan-rekan PPIF dalam setiap pelaksanaan program kegiatan. Kami pun selalu terbuka dengan saran ataupun kritik untuk mewujudkan PPIF yang lebih baik ke depannya. Dan sesuai slogan yang kami usung, semoga semua kegiatan yang dirancang ini dapat memberikan kesempatan kepada kita, mahasiswa Indonesia di Fukuoka, untuk bersumbangsih baik langsung ataupun tidak langsung kepada Tanah Air Indonesia. “Dari Fukuoka untuk Indonesia”

By: Gde Pandhe Wisnu Suyantara

Translate »