Bincang Santai Bersama Duta Besar KBRI Tokyo di Hotel New Otani
September 19, 2017
0

HASIL BINCANG SANTAI

PPI FUKUOKA dengan Bapak Duta Besar Ir. Arifin Tasrif & Ibu Dr. Alinda Medrial Atdikbud KBRI TOKYO 

Hotel New Otani, 12 September 2017

 

Keimigrasian

  1. KBRI Tokyo akan mengupayakan pelayanan keimigrasian (pembuatan dan perpanjangan paspor) bagi WNI di wilayah Kyushu, khususnya di Fukuoka dengan cara menentukan jadwal tetap pelayanan dan pembagian wilayah kerja (Kyushu Utara dan Kyushu Selatan). Hal ini agar sebelum hari-H WNI yang ingin datang bisa mempersiapkan berkas dan persyaratannya. Namun demikian, pihak KBRI mengharapkan jumlah peserta di setiap pelayanan diupayakan mencapai 100 orang.
  1. Bapak Dubes juga menyatakan akan mengupayakan kemudahan pengurusan perpanjangan paspor bagi keluarga yang perbedaan masa berlaku paspor antar anggota keluarganya lebih dari 6 bulan. Akan diupayakan agar satu keluarga dapat melakukan pengurusan perpanjangan di waktu yang sama.
  1. Saat ini KBRI telah merilis sistem aplikasi untuk registrasi WNI di Jepang (SAKURA INDONESIA) secara online meliputi lapor diri, lapor belajar, dan lapor kepulangan. Pesan dari Atdikbud KBRI Tokyo adalah diharapkan agar mahasiswa/pelajar bisa melaporkan diri saat datang dan juga saat telah selesai dan kembali ke Indonesia melalui sistem tersebut dengan mengakses http://www.sakuraindonesia.jp. Untuk laporan progress belajar sifatnya tidak wajib, Atdikbud menyarankan untuk langsung berhubungan dengan pemberi beasiswa yang bersangkutan.

 

Advokasi akademik dari Atdikbud KBRI

  1. Pada kesempatan tersebut didiskusikan juga keluhan pelajar Indonesia yang mengalami kesulitan dan permasalahan akademik. Pihak KBRI melalui Ibu Atdikbud akan menampung keluhan-keluhan yang ada dan berupaya untuk membantu menyelesaikan permasalahan akademik yang dihadapi setiap pelajar dengan mempertimbangkan kronologi permasalahan yang dihadapi.
  1. Perlu adanya komunikasi yang lebih intens antara sesama pelajar terutama jika ada keluhan saat progress studi. Keluhan akan ditampung oleh PPI Fukuoka dan akan langsung diteruskan ke pihak KBRI bidang pendidikan dan kebudayaan untuk segera ditindaklanjuti. Untuk itu, PPIF telah merilis Formulir Advokasi Problem Pelajar untuk mewadahi keluhan atau permasalahan akademik rekan pelajar di Fukuoka yang nantinya akan diteruskan ke Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo. Formulir tersebut dapat diakses melalui tautan berikut: https://tinyurl.com/advokasibelajar

 

Status Kyushu University di daftar tujuan beasiswa LPDP

  1. KBRI Tokyo juga akan menyampaikan ke LPDP untuk memasukkan kembali Kyushu University dalam list universitas yang dapat dituju di Jepang melalui beasiswa LPDP.

 

Penerbangan langsung Garuda Indonesia Fukuoka-Jakarta

  1. Di akhir diskusi, KBRI akan menyampaikan ke pihak maskapai Garuda Indonesia untuk membuka kembali rute penerbangan Jakarta-Fukuoka (PP) mengingat jumlah pelajar, investor, dan potensi wisatawan di wilayah Kyushu yang semakin meningkat.

 

Pelatihan wirausaha

  1. Pihak KBRI akan mencoba mengajukan pelatihan wirausaha ke Kementerian Perdagangan, dengan tujuan agar mahasiswa ataupun para pekerja magang yang saat ini sedang berada di Jepang bisa memiliki persiapan bagaimana mengelola keuangan mereka setelah pulang ke Indonesia nanti, tidak hanya berharap dari penghasilan, namun juga bagaimana menggunakan keuangan mereka untuk kegiatan lain yang mungkin bisa menambah penghasilan.

Fukuoka, 19 September 2017

PPI Jepang – Komisariat Fukuoka

www.ppi-fukuoka.or.id

contact@ppi-fukuoka.or.id / ppi.fukuoka15@gmail.com

Translate »