Beasiswa
Beasiswa dan Kerja Part-Time di Jepang
September 14, 2017
0

Program Beasiswa ke Jepang

Cita-cita untuk belajar di luar negeri menjadi relatif lebih mudah diwujudkan karena saat ini banyak penawaran beasiswa yang dibuka setiap tahunnya. Di Jepang khususnya, program beasiswa dapat berasal dari beberapa sumber, antara lain: Pemerintah Jepang, Pemerintah Indonesia (yang paling populer tentunya LPDP), perusahaan, organisasi Jepang, maupun internal dari universitas-universitas di Jepang. Sebelum keberangkatan ke Jepang, sebaiknya calon mahasiswa telah mendapat beasiswa. Meskipun, ada beberapa program beasiswa yang juga disediakan oleh pemerintah ataupun perusahaan Jepang ketika seorang mahasiswa telah terdaftar sebagai mahasiswa (on-going) di salah satu perguruan tinggi di Jepang.

1. Beasiswa sebelum terdaftar sebagai mahasiswa di Jepang

Informasi mengenai beasiswa ini bisa diperoleh melalui website maupun pengumuman di universitas-universitas Indonesia yang telah bekerja sama dengan universitas di Jepang.

  1. Beasiswa Monbukagakusho/MEXT (D2, D3, S1, S2, S3) http://www.id.emb-japan.go.jp/  http://beasiswamext.or.id/

Beasiswa ini terdiri dari 2 jalur, yaitu secara G to G (government to Government) dimana seleksinya melalui Kedutaan Besar Jepang dan satunya lagi adalah U to U atau University to University dengan menggunakan rekomendasi dari calon supervisor di kampus tujuan atau dengan adanya kerja sama dengan universitas alamamater kita.

  1. Beasiswa Mitsui Bussan (S1) https://www.mbkscholarship-id.com/
  2. Beasiswa Japan Student Service Organization (JASSO) http://www.jasso.go.jp/
  3. Beasiswa Asian Development Bank & Japan Scholarship Program (ADB & JSP)https://www.adb.org/
  4. Beasiswa INPEX http://www.inpex-s.com/
  5. Beasiswa Dikti http://beasiswa.dikti.go.id/
  6. Beasiswa LPDP (S2, S3, Tesis & Disertasi) http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/
  7. Beasiswa Panasonic http://www.panasonicscholarship.com/
  8. Beasiswa untuk Sekolah Bahasa di Jepang http://kyoritsu.or.id/beasiswa/
  9. Beasiswa Green Asia – Kyushu University http://www.tj.kyushu-u.ac.jp/
  10. http://www.hotcourses.co.id/
  11. http://www.indbeasiswa.com/
  12. http://www.jpss.jp/id/scholarship/
  13. https://youstudyjapan.com/

 

2. Beasiswa setelah terdaftar sebagai mahasiswa di Jepang (on-going)

Beasiswa ini biasanya disediakan oleh beberapa perusahaan Jepang dan diumumkan di student office setiap departemen, mading, website, maupun grup milist kampus. Beasiswa ini pada umumnya mempersyaratkan para calon pelamar beasiswa mampu berbahasa Jepang atau menulis esai dalam bahasa Jepang. Berikut ini adalah contoh beberapa beasiswa yang ditawarkan di Kyushu University bagi mahasiswa aktif yang sudah memulai pendidikannya:

  1. The Asahi Glass Scholarship Foundation
  2. Teijin Kumura Scholarship
  3. Konan Asia International Scholarship Foundation
  4. Sagawa Scholarship
  5. Kobayashi Scholarship
  6. Seiho Scholarship
  7. JT Asia Scholarship
  8. http://www.isc.kyushu-u.ac.jp/intlweb/scholarship/view/list.php
  9. http://www.jpss.jp/id/scholarship/
  10. https://youstudyjapan.com/

Jadi tidak perlu khawatir jika berangkat kuliah ke Jepang masih disokong dana pribadi, karena pihak kampus dan supervisor biasanya akan membantu dengan menawarkan beasiswa bagi on going student.

 

Part-time Job (Arubaito)

Bagi yang ingin melakukan part-time job, dapat mendapatkan informasi dari pamflet-pamflet part-time job yang disediakan di convenient store atau membuka link di bawah ini:

  1. http://www.fissc.net/en/index.html
  2. https://townwork.net

 

Setelah membuka website http://www.fissc.net/en/index.html, calon pelamar harus mendaftar terlebih dahulu di website tersebut. Setelah itu calon pelamar harus mendaftar perizinan untuk part-time job ke kantor imigrasi, untuk Fukuoka Prefecture kantornya ada di Akasaka. Setelah mendapat izin (stampel) pada residence card seperti gambar di bawah ini, calon pelamar dapat melamar part-time job sesuai yang diinginkan. Perlu diingat bahwa dalam seminggu jumlah jam kerja kita maksimal 28 jam.

Pada umumnya, salah satu syarat yang dibutuhkan untuk part-time job adalah kemampuan berbahasa Jepang, minimal daily conversation. Meskipun ada beberapa part-time job yang hanya membutuhkan bahasa Inggris. Jumlah gaji yang diterima dihitung per berapa jam kita bekerja. Untuk payment rate per jamnya berkisar antara 800-1000 yen per jamnya bergantung pada jenis pekerjaannya. Adapun pekerjaan yang tersedia secara umum diantaranya adalah cleaning service, loper koran, pencuci piring restoran, pemotong daging di supermarket, kasir, shopkeeper, dan english teacher. Bagi yang memiliki kemampuan bahasa Jepang sangat terbatas, pilihan bekerja sebagai cleaning service, english teacher atau pekerjaan yang tidak memerlukan komunikasi dengan bahasa Jepang adalah  peluang yang bisa dicoba.

 

Informasi lainnya mengenai part time job:

http://www.studyjapan.go.jp/en/inj/inj03e.html

http://www.fukuoka-now.com/classified/archive/?category=174

Translate »